• Arsip Posting Blog Ini

  • Assalamu’alaikum Saudaraku

    Selamat Datang Di Gubug Maya milikku, Sebagai tamu adalah suatu kehormatan bagi saya untuk menjamu anda dengan tulisan-tulisan saya yang kurang berilmu. Komentar Anda Adalah Bentuk Perhatian Anda Bagi Kami Terima kasih Kunjungannya
  • Makna Hidup !!!!!

    Katika kita lahir, kita menangis dan semua orang tertawa melihatnya maka ketika kita mati, seharusnya kita buat mereka menjadi menangis melihat kita dan kita tertawa karena melihat syurga sesaat sebelumnya
  • Kata Mutiara

    Orang Cerdik Adalah orang yang selalu menjaga dirinya dan beramal untuk bekal sesudah mati, Orang Kerdil adalah orang yang hanya menuruti hawa nafsunya tetapi ia mengharapkan berbagai harapan pada Allah (HR Turmudzi)
  • Halaman yang ada

  • Hisab Bernilai BENAR jika telah jatuh Rukyah

  • Islam Rohmatan Lil’Alamin

    Jangan Membuat Sulit Pengamalan Islam Karena Islam Itu Mudah dan Memudahkan
  • Hikmah

    "Orang yang kaya beramal dengan hartanya, Orang miskin beramal dengan kesabarannya"
  • Istiqomah!!!

    Kadang apa yang kita lakukan tiada menghasilkan apapun kecuali kepenatan, tapi keistiqomahan akan berbuah dan buah istiqomah itu tidak lain adalah sebuah kebahagian
  • Tebarkan Kebaikan

    Silahkan ambil artikel atau apapun di situs ini tanpa harus meminta ijin namun menyertakan link balik ke situs ini sebagai wujud etika berjaringan. Terima kasih telah berbagi ilmu dengan saya
  • Total Pengunjung yang Pernah Singgah

  • Yang Sedang Online(s)

  • Jalin Silaturahim Lewat Jaringan Silahkan Klik

    Gak Bisa di Klik??? Langsung aja add radenmas_surya
  • Hati dan Cahaya Ke-Maha Agung-an Allah

    "tidak akan cukup untuk menampung Ku Langit Ku dan Bumi Ku itu, yang cukup menampung Ku adalah jiwa hamba Ku yang beriman" (hadist Qudsi)
  • Rumusan Tulisan

Air, Sumber Kehidupan

Pernahkah kita berfikir tentang betapa berharganya dan vitalnya air?

Pernahkah kita membayangkan jika kita dalam perjalanan digurun pasir dan kita kehabisan air, apa yang hendak kita lakukan?

Air adalah komponen penting dalam kehidupan, bahkan bisa disebut sebagai sumber kehidupan. Anggapan sumber kehidupan ini agaknya bukan suatu yang dibesarkan, karena menurut ilmu survival manusia dapat bertahan hidup dua minggu hanya dengan air dan ia hanya dapat bertahan tiga-tujuh hari dengan makanan namun tanpa air. Ini membuktikan betapa sebenarnya tubuh kita memerlukannya dan membutuhkannya. Namun apakah kita sudah menghargai air?

Air dibumi lebih banyak dari tanah atau dengan kata lain lautan dibumi lebih luas dari daratan, begitu pula dalam diri kita air menjadi komponen utama penyusun tubuh ini. Namun kadang kita semena-mena terhadap air, kita bahkan saya sering membuang air secara mubadzir tanpa alasan yang masuk diakal. Padahal andaikata manusia harus mengeluarkan uang 1.000.000; untuk dapat meneguk air yang segar nan menyegarkan pastilah manusia akan membayarnya. Banyak sekali ayat yang menerangkan asal kejadian yang berasal dari air, bahkan kejadian manusia pun berasal darinya. Yaitu air yang memancar (mani) yang disimpan dalam ruang rahim lalu dibentuk dan ditiupkan ruh atasnya kemudian baru lahirlah manusia.

Melalui air hujan, Allah menurunkan rizkinya, menghidupkan buminya dan menumbuhkan tanaman dan pepohonan diatasnya. Itu semua dengan perantara air. yang kadang kita anggap sebelah mata. Dalam air hujan terkandung banyak sekali manfaat yang kita tidak ketahui kecuali hanya sedikit.  Beberapa yang telah diketahui adalah bahwa dari ari hujan bumi menjadi subur, tanaman menjadi tumbuh dan berbuah dan dari air hujan itu menjadi perantara rizki manusia.

Air itu ibarat diri kita yang terdiri dari dua komponen yaitu ruh dan jasad yang bersatu menjadi manusia. ruh tak dapat disebut manusia bila tanpa jasad begitu pula sebaliknya jasad hanyalah sebuah bangkai tanpa adanya ruh. Keduanya sama-sama penting baik ruh maupun jasad. Tidak bisa kita berkata ruh lebih penting dari jasad atau sebaliknya, karena kedua-duanya harus seimbang. Air juga merupakan alat taharoh yang utama yang digunakan manusia untuk bersuci baik dari hadast maupun najis. Bahkan ada sebuah hadist bahwa pada masa awal kejadian, Arsy Allah itu berada diatas air. Entah itu air dalam lahir atuakah maknawi Allahu’alam.

Manusia diciptakan dibumi sebagai kholifah, ia bertugas menjaga kelestarian bumi termasuk air didalamnya karena bila air telah tercemar dan terkontaminasi berbagai senyawa yang membahayakan bagi manusia, maka anak dan cucu kitalah yang akan menerima akibat dari apa yang kita lakukan sekarang. Makanya ayo kita sama-sama menjaga dan melestarikan air agar anak dan cucu kita dapat menikmati segarnya air minum, asinnya air laut dan nikmatnya mata air yang murni.

Semoga tulilsan ini dapat memberi manfaat, Allahu’alam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: