• Arsip Posting Blog Ini

  • Assalamu’alaikum Saudaraku

    Selamat Datang Di Gubug Maya milikku, Sebagai tamu adalah suatu kehormatan bagi saya untuk menjamu anda dengan tulisan-tulisan saya yang kurang berilmu. Komentar Anda Adalah Bentuk Perhatian Anda Bagi Kami Terima kasih Kunjungannya
  • Makna Hidup !!!!!

    Katika kita lahir, kita menangis dan semua orang tertawa melihatnya maka ketika kita mati, seharusnya kita buat mereka menjadi menangis melihat kita dan kita tertawa karena melihat syurga sesaat sebelumnya
  • Kata Mutiara

    Orang Cerdik Adalah orang yang selalu menjaga dirinya dan beramal untuk bekal sesudah mati, Orang Kerdil adalah orang yang hanya menuruti hawa nafsunya tetapi ia mengharapkan berbagai harapan pada Allah (HR Turmudzi)
  • Halaman yang ada

  • Hisab Bernilai BENAR jika telah jatuh Rukyah

  • Islam Rohmatan Lil’Alamin

    Jangan Membuat Sulit Pengamalan Islam Karena Islam Itu Mudah dan Memudahkan
  • Hikmah

    "Orang yang kaya beramal dengan hartanya, Orang miskin beramal dengan kesabarannya"
  • Istiqomah!!!

    Kadang apa yang kita lakukan tiada menghasilkan apapun kecuali kepenatan, tapi keistiqomahan akan berbuah dan buah istiqomah itu tidak lain adalah sebuah kebahagian
  • Tebarkan Kebaikan

    Silahkan ambil artikel atau apapun di situs ini tanpa harus meminta ijin namun menyertakan link balik ke situs ini sebagai wujud etika berjaringan. Terima kasih telah berbagi ilmu dengan saya
  • Total Pengunjung yang Pernah Singgah

  • Yang Sedang Online(s)

  • Jalin Silaturahim Lewat Jaringan Silahkan Klik

    Gak Bisa di Klik??? Langsung aja add radenmas_surya
  • Hati dan Cahaya Ke-Maha Agung-an Allah

    "tidak akan cukup untuk menampung Ku Langit Ku dan Bumi Ku itu, yang cukup menampung Ku adalah jiwa hamba Ku yang beriman" (hadist Qudsi)
  • Rumusan Tulisan

Hati-Hati Permen dan Coklat Mengandung Lesitin Babi

Kita semua tentu sudah mengenal coklat dan permen atau bahkan mungkin menjadi penikmatnya. Tetapi tahukah anda jika Permen dan Coklat yang anda makan itu terjamin kehalalannya?

Siapa yang menjamin permen dan coklat yang anda makan itu halal ataupun haram? padahal kita tahu jarang sekali ada permen dan coklat yang berlebel “Halal” dan justru banyak sekali yang tidak menyertakan lebel “Halal” tersebut. Secara kasat memang tak ada yang perlu dikhawatirkan dari kedua jenis makanan ini karena keduanya berasal dari bahan nabati. Tapi tahukah anda bahwa coklat dan permen juga dicampur dengan Lesitin? Lalu apakah anda tahu apa bahan utama dari lesitin itu?

Lesitin biasanya digunakan sebagai nama lain untuk fosfatidilkolin, suatu fosfolipid yang merupakan komponen utama fraksi fosfatida yang dapat diisolasi dari kuning telur (dalam bahasa Yunani lekithos – λεκιθος) atau kacang kedelai yang diekstraksi baik secara mekanik maupun kimiawi menggunakan heksana. Lesitin secara komersil bisa diperoleh dengan kamurnian tinggi untuk aditif pangan dan tujuan medis. ( wikipedia indonesia) Namun Lesitin juga bisa berasal dari hewan baik dari hewan air maupun darat. Biasanya berasal dari kulit atau sari tulang.

Fungsi lesitin sendiri untuk mengikat dan menjaga tekstur agar tetap stabil dan tidak hancur. sehingga biasa digunakan untuk berbagai keperluan didunia Industri. Namun untuk sekarang ini saya fokuskan Lesitin sebagai bahan tambahan dalam industri coklat dan permen.

Dalam Industri Permen, Lesitin biasa digunakan dalam pembuatan permen lunak agar tekstur lunak dan kekenyalannya dapat diatur dan khas. Begitupula pada pembuatan coklat yang bertekstur khas, lesitin juga digunakan sebagai bahan tambahannya. Mungkin tidak akan menjadi masalah jika lesitin yang digunakan berasal dari kedelai atau nabati, justru yang menjadi masalah adalah ketika lesitin yang dipakai adalah lesitin hewani. Kita perlu mengetahui asal muasal dari lesitin tersebut apakah dari sapi, ikan ataukah justru dari babi.

Pembuatan Lesitin dari ikan, dan atau sapi relatif lebih rumit dan lama jika dibandingkan dengan pembuatan lesitin dengan menggunakan estrak babi, sehingga dipasaran justru lesitin babilah yang banyak diperdagangkan dan bisa jadi permen yang kita kunyah dan coklat yang kita makan juga mengandung lesitin babi, innalillah………hiiiiii ngeri…..

Pemerintah bukannya tinggal diam atau berpangku tangan tentang masalah ini, namun lemahnya pengawasan dan tidak adanya payung hukum yang mengatur tentang penggunaan lesitin babi membuat MUI tidak dapat berbuat apa-apa. Mungkin jika nantinya Pemerintah mewajibkan setiap produk yang dijual dipasaran itu harus mencantumkan label “Halal” maka InsyaAllah kita akan lebih terjamin dalam mengkonsumsi sesuatu. Sekarang kewaspadaan dirilah yang harus Anda tambah agar anda tidak menyantap makanan yang menurut anda halal namun sebenarnya mengandung ekstrak dari tubuh babi.

Semoga Info ini bermanfaat dan dapat menjadi perhatian kepada kita agar lebih selektif dalam memilih makanan. Allahu’alam

67 Tanggapan

  1. gak usah makan coklat + permen aja kalo apa2 serba dicurigai…. gampang tho… murahan pake lesitin nabati lagi bos drpd yg babi… goblok aja kalo ada pabrik yg produksi masal pake bhn lbh mahal…. dgn harapan dikonsumsi masyarakat kebanyakan…

  2. kami hanya orang awan yg tdk mngrti apa itu lesitin sesungguhnya. tapi dari info tdi sy tahu bahwa lesitin ternyata ada yg halal dn juga haram.
    terimakasih atas info

  3. sblum,a sya mnta maaf untk ikut campur .

    dsni sya ingin mnjwb prtnyaan dri saudara khu thang swe .

    itulah salah satu cara anggta missionaris d,negara untk menghcrkn umat islam , krna menurt pghthn sya sudh bnyk perusahan yg brdiri d,negara kita yg dibiyai oleh para anggota misionaris .

  4. kalau lesitin kedele / lesitin nabati mengandung minyak babi gx?

  5. klo kita sblmnya engga tau klo mkanan apa saja yg mengandung lesitin dan kita makan truus gmana hukumnya…?

    mkasii iya atas infonya..

    kmarin sya dnger mu’alim yg cramah ttg mkanan yg mngandung lesitin itu permen, coklat, mie (indomie/supermie), keju, es krim,

  6. Khu tang: bukannnya diatas ditulis pembuatan lesitin babi prosesnnya lebih mudah terus cuma diambbil dari tulang yg mungkin bisa didapat murah bahkan gratis kalo dipassaran jgn asal protas-protes aja

  7. emang bener,,,,,kata para mantan risionaris kata sih pake mayak babi dan sumsum babi….hati hati smua makanan produk kapir yahudi 96% mengandung babi…… mie….coklat….keju….permen….es krim…hati buat para muslim

  8. di produk ada tulisan lesitin
    ada istilah lain tidak karena di produk bahasa tulisan komposisiy bhs asing smua.dan selain tulisan lesitin tulsan apa lagi yang mengndung babi terima kasih.teguh

  9. Sblm mbca info d atas td, sy msih bngung, apa c lesitin itu? Tp stlh mbca infony alhamdulillah kni sy mngrti dan bs lbh brhati2. Trima ksih.
    Sbnrny bkn hny mkanan yg d kuasai oleh yahudi, tp hmpir setiap produk yg ad d indonesia. Msi mrk hny stu, yaitu mhancurkan islam.

  10. apakah semua margarine atau keju mengandung lesitin??? dn biasanya lesitin apa???? dan produk2 apa saja yang bisa benar2 dkonsumsi oleh org muslim….???

  11. saya adalah seorang ibu yang tidak tau apakakah lesitin itu…! hingga kebetulan ramadhan ini anak lelaki saya pulang dari pondok,saya gembira sehingga spt biasa saya belikan dia segala makanan yang diantaranya adalah Astor coklat,kalau dulu saya belikan itu langsung disikat habis,tp skrg setelah mondok yang pertama-tama dilihat adalah komposisi makanannya,Dia bilang astor ini mengandung lesitin…! jadi dia tdk mau makan…wah…! sebagai ibu saya pikir ada baiknya juga saya tau apakah lesitin itu…hingga akhirnya saya dapat pencerahan…biarlah makanannya saya bagikan untk anak tetangga yg non muslim.

  12. Baru” ini saya mendengarkan ceramah mantan misionaris apaun namanya lesitin & Gelatin baiknya dihindari krn smua produk dari non muslim pasti mengandung babi

  13. setuju,masih bnyk makanan yang bisa kita makan.slain itu

  14. sya stelah membaca artikel ni agak pilih2 memakan mkanan yg dibuat oleh orang kafir dan yahudi,
    sya prnah dnger dri ustadz yg dlu.y orang kafir bhwa orang kfir tdak akan snang hingga hancur.y agama islam

    tlong bri tahu lg mkanan yg mngandung hal2 tntang babi
    trimakasih

  15. ia sayah sudah tau,,,, bahwa lesitin babi itu ada,,, coba kasih tau cara membandingkan lesitin babi dengan lesitin yang murni(kedelai,,, telur).
    terima kasih
    BY: Totoh

  16. Emulsifier E471
    Emulsifier banyak jenisnya. Yang cukup terkenal dan sering dipakai adalah Lesitin dan E-number (Exxx). Telah diketahui oleh banyak ilmuwan di bidang peternakan, bahwa E471 adalah emulsifier yang berasal dari Babi. ( assunnah.web.id)

  17. Saya stlhk mndnkr ceramah dr mu’alim, (tntnk lesitin)saya trkjt,krn4 lesitin terbuat dri minyak babi,mu’alim mngtkn bhwa lesitin tercantum pda komposisi berbagai mknan,and stlh mndngr ceramah itu,skrng saya akan lebih wspda dan lebih berhti2 dlm mengkonsumsi mknn?

  18. Lesitin itu adalah dari babi, saya mengethui dri ustad..
    Jdi menurut saya minyak babi itu jangan di campurkan kedalam makanan, karna babi mengharamkan bgi orang islam. Terimakasih

  19. biar allah swt ynk membalas semua kejahatan mnusia” itu
    dasar ga pnya hati.tanggung lw cmn pke lesitin doank mah seklian pke racun mematikan ajah.saya akan mnjawab prtnya’n dri teguh
    selain lesitin ada pula galatin.=sumsum\tlang babi.soya=kedelai dri pupuk babi dan minyak nabati=dari mnyak sayur yank pupuk dri ktoran babi.mksih

    funk
    to
    nasrhonie

  20. walllaaaaaahhh …klo bner npa jg orng” yg kt y yahudi/nasrani mw rpot pk lsitin hram…toh allah jg psti mklum….lha orng umt y g tau tyu mknan halal pa enggak…mkipun qt dtuntut untk brhti’..tp rsanya krng bijak jg klo qt terlalu berbrk sangga pna suatu kprcya,an lain”’

  21. waaallaaahhh….npa jg mrka,,yahudi/nasrani mw rpot’ pke lesitin haram..,..apakah hram jg klo qt mkan mknan yg scara kasat mata halal….?…mki qt dtuntut lbh selektif dlm memilh…bkn dlm arti qt hrus jd paranoin.&slasu brfkran buruk trhadap kprcyaan lain…gt broo….

  22. Iyu ulah si kapir yg mau menghancur kan islam maka dari itu dia berbuat bgtu dasar kapir tolol minyak babi di buat makanan

  23. BERIKAN SOLUSI KPD UMAT JIKA MEMANG TERBUKTI, JNG CUMA MENGHUJAT, MEMOJOKKAN, DAN FITNAH. PALING TIDAK MEMBUAT PRODUK YANG MENGANDUNG LESITIN MURNI DAN HALAL YG NANTINYA BANYAK DIMINATI DAN DIKONSUMSI BANYAK ORANG. TANK’S

  24. Kalo emang itu perbuatan mereka yg kafir (Yahudi+Nasrani), lantaran mereka sangat tahu bahwa umat “islam” kebanyakan hanya mampu mengkonsumsi instan dan ‘ogah’ bikin sndr. skalinya bikin, bahan-bahannya ga brkwalitas, melempem, dan cepet basi. coba sekali2 nonton acara Investigasi Makanan di salah satu TV Swasta, yg k’tangkep pasti orang lokal bukan orang Yahudi/Nasrani. kalo ditanya ‘kenapa?’, jawabannya:’yg penting dapet duit banyak….’ ada ga produk buatan orang Islam sendiri yang banyak diminati orang banyak?

  25. “antum a’lamu bi-umuri duniakum”(HR. Muslim)….ternyata, hadits yang sohih dari Rasul SAW. ini lebih banyak diamalkan oleh mereka yang kafir dalam masalah keduniawian, di antaranya oleh kelompok besar;Yahudi dan Nasrani. …Fastabiq al-Khairat…, begitulah semestinya. jng marah kl Islam mrasa diacak2. lakukan dng upaya untuk membuktikan, bhw Islam hari ini sama dng Islam di masa keemasannya. jng ngomel mlulu………….

  26. iya,sbagai orang islam aku gak mau tuk di bodohi,kita jadi gak bisa membedakan mana yang haram dan mana yang haram,karna ada lisitin dan galati di setiap produuk makana dan minuman ,

  27. Trmakasih, , infonya bermanfaat bgt, , buat saya, ,

  28. jujur saja saya itu pecinta coklat,permen,dan ice cream
    saat saya tahu kalo makanan tersebut mengandung minyak babi saya syok karna saya jga orang muslim
    bagaimana cara membedakan secara fisik antara lesitin yang mengandung minyak babi dan lesitin yang mengandung kacang2an
    karna jika hanya berbicara tanpa bukti
    saya jadibingung mau percaya yang mana????

  29. memang orang kapir itu pinter tapi pinternya itu kebelinger !!~~~~

  30. Maao cuman mau namabahin ja …

    Label ” Halal ” itu sekarang tidak terjamin Ke Islaman nya , Buktinya Msih tersedia Makanan yang sudah pasti Tersebar di Ngeri kita dengan Label halal Tersebut ..

    Buktinya Makanan yang kalian mungkin tidak percaya , yaitu Beng-Beng , Richese ahh . Tango ,oops . dll.
    jika kalian tidak percaya liat Dii Komposisi makanan Tersebut , disana tertera Bacaan ~Lesitin~ dan yang lbih parah lgy yaitu ~ Lesitin Soya ~
    smoga kita slalu berdoa supaya makan yang kita cerna atau yang kita makan insyaallah Halal Ilam Hukumiyah …

    Terimakasih assalamualaikum
    FB : aldihollyman@ymail.com
    Twitter : @Dhy_Hollyman

  31. soya kan,kacang kedelai

  32. bener juga apa kata kakak ku… lesitin itu juga mengandung minyak babi dan sumsum babi… dan ada 1 lgi yaitu GALALTIN… makannya kita harus hati-hati memilih makanan…. orang YAHUDI DAN NASRONI itu adalah penyebab nya.. HATI-HATI Y..!

  33. mangka nya hati hati dalam memilih suatu makanan,
    orang muslim akan lebur iman nya kalaw mengkonsumsi makanan terbuat dari minyak babi.

  34. he khu tang swe, emang orang2 kristen mau prosetan mau yg lain emang tujuannya bikin makanan yg ada babi nya buat dikonsumsi orang islam.dasar kafir n misionoris

  35. tidak perlu saling menghujat. yg penting kt mawas diri. jika memang smua makanan yg d sebut td mengandung sesuatu yg haram, sbagai muslim kt hrus menghindarinya. biarlah ALLAH yg membalasnya karena ALLAH sesungguhnya melihat pa yg dilakukan oleh smua umat manusia d dunia. smoga ALLAH mengampuni dosa2 kita yg sudah terlanjur memakannya karena ketidaktahuan. AMIN.

  36. kalo permen di curigai ke halalnya…taukah saudara cara pembuatan dan bahan bakunya….
    saya home industri pembuatan permen…insyaallah halal…bahan baku dari gula masak haram…gula padat dan gula cair.
    lebih baik kasih sample biar ga mematikan home industri yang baru berkembang…jgn asal buat artikel…
    kalo label halal…kami masih belum mampu untuk membuat sertifikat halal…bagi mereka yang sdh berbentuk CV and PT mungkin murah cara pembuatannya…
    kalaupun ada label halal ada beberapa produk yang dalam penelitian MUI berikutnya dianggap Haram…walaupun sdh punya sertifikat Halal…

  37. NB :
    Kutipan dari artikel diatas “Lesitin juga bisa berasal dari hewan baik dari hewan air maupun darat. Biasanya berasal dari kulit atau sari tulang.”
    yang haram lesitin yang berasal dari “babi” apa yang berasal dari “Hewan air atau Darat”
    perjelas dalam pembuatan artikel jangan menyesatkan…

  38. mari saudara-saudara ku sekalian mulai detik ini kita hindari makanan yg terdapat lesitin,soya dan galatin,,biar bangkrut,,,makanan asli indonesia masih ebih enak dari pada jajanan orang kafir..
    dan mari saudara – saudara ku, kita doakan agar pemerintah,BPOM,MUI dan dinas kesehatan mau turun tangan langsung memberantas lesitin babi..
    hidup ISLAM,ALLAHU AKBAR !!!!!!!

  39. oia, 1 lagi pemirsa,,jangan membeli ayam di pasar karna pemotongan nya tidak secara islam, melainkan di potong 2 atw 3 sekaligus kemudian di masukan ke dalam air panas,,sehingga matinya tidak sah karna menjadi ayam BANGKAI..
    ibu2 yg sudah tau sudah tidak membeli ayam di pasar lg,,

  40. maaf jika boleh menyanggah..
    bukankah jika yg terbuat dari unsur hewani itu nama’nya “gelatin”..?🙂

  41. untuk yg namanya kutang liat saja bagaimana anda menjuluki dirimu sendiri sesuatu yg dihasilkan dari memakan barang harom adalah kelakuan yg tidak disukai oleh alloh,bahasa kasar,tidak khusuk,msh bersyukur ad org yg mau mengingatkan…

  42. jangan saling menghujat,pikirkan saja diri anda sendiri,apakah anda sudah menjadi orang yg baik dan benar…daripada kebanyakan menghujat,lebih baik kita slalu waspada dgn kehalalan maknan yg kita makan.mknan yg halalpun klau kita mendpt wang dgn cara yg ga baik,maka mknan tsbt akn menjadi haram.

  43. karena orang kafir tuh cerdik bagai merpati &licin bagai ular

  44. Bismillahirrahmanirrahiim..

    Sudahlah, yang mau makan silahkan makan.
    Yang ngga mau makan ya sudah tidak usah makan.
    Tidak usah membanding2kan / memaksakan kehendak..

    Orang mau beriman atau tidak itu adalah pilihan..
    Penulis hanya sharing apa yang dia ketahui dan menghimbau tindakan baik dan berbagi ilmu yang bermanfaat sudah dilakukannya..

    Selanjutnya silahkan mengimani apa yang diyakininya.
    Karena iman seseorang hanya Allah yang tahu..

    Wallahualam.

  45. Ikut shering bos ah, kasi tanggapan nya ya !
    saya p’nah denger dari rekaman seorang mualaf yg dri umat kristiani yg sekarang jdi mubaligh ceramah, bahkn d kmpung sya p’nah manggil dia untuk ceramah dlm suatu acara, dahulu nya dia seorang pendeta yg ikut dlm organisasi khusus penghancuran islam yg di targetkn p’tma kali di daerah jawa
    wktu itu bliau ada di bwah pinpinan ibu tin, metode penyerangan nya dg cara memasukan mkanan haram yg tdk di ketahui orang muslim, beliau bilang bhwa stiap mkanan yg mengandung LESITIN atau GALATIN itu pasti ada minyak babinya katanya meskipun ada lebel halal, beliau pesan sampai wanti wanti demi allah segala,
    nah yg jadi p’tanyaan saya ini bener apa enggak sih, toh dia sampai berani supah bersaksi bhwa itu benar

  46. ya allah berikanlah laknat yang pedih kepada orang orang yang memproduksi makanan yang seharusnya halal menjadi haram…

  47. […] ada yang menarik nya, saya lihat di bloger-bloger tentang lesitin yang mengandung babi seperti https://gubugsurya.wordpress.com artikel nya menyebutkan Fungsi lesitin sendiri untuk mengikat dan menjaga tekstur agar tetap […]

  48. terimakasih atas infonya ya, ternyata lesitin ada jtga yg berasal dari babi, tapi saya biasa melihat pada toples wafer, salah satu komposisinya terdapat “lesitin kedelai” tapi tida ada label halalnya, gimana ya,?

  49. terimakasih atas infonya, saya jadi mengerti tentang lesitin, tapi gimana y,,, bila ada produk yg salah satu komposisinya terdapat “lesitin kedelai” tapi tida ada label halal nya,

  50. Saya juga masih bingung dengan istilah lesitin, tekadang sy menemukan didalam produk makanan yang menggunakan komposisi lesitin nabati apakah dari babi atau hewan lain. Terima kasih

  51. Bismillahirahmanirahim……

    ITU KERJAANNYA ORANG YAHUDI !!!!!!!!

    bodohnya umat Islam memang seperti itu….. tidak lah elegant jika gara gara makanan jadi “Masuk Neraka”. makanan yang kita makan pasti akan menjadi darah dan daging dalam tubuh kita. jika kita makan makanan yang tidak jelas “Subhat” pun bagi tubuh kita berpengaruh. apalagi yang HARAM itu akan menjadi hijab kita kepada Allah. bayangkan saja, berapa banyak makanan yang sudah kita makan ? Halal atau haramkah ? Subhat atau jelaskah ?
    pun ketika banyak orang yang berfikiran “ah, baca bismillah aja deh. kan jadi halal”….. hanya manusia yang seperti “SETAN” saja yang seperti itu !!! dengan jalan “MENGHALALKAN SEGALA CARA”

    hati hati……. semua yang kita makan di dunia ini pasti besok di akherat akan dimintai pertanggungjawaban…… bukan begitu ?

    wahai umat Islam, sadarlah kalau diri kalian sedang dijajah….. oleh siapa ?

    IBLIS LAKNATULLAH…………….!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    -Arigatou-

  52. Astagfirullahal azim kejebak lagi masalah makanan. Lebih hati-hati lagi. Semoga Allah mengampuni dosa umat muslim semua.

  53. Hehehe…artikel nya memberitahu pengetahuan tentang lesitin tapi saya rasa kurang komplit aj penjelasannya… (abu-abu). Dlm sebuah produk makanan hanya di tulis lesitin (tidak tahu itu lesitin dari babi apa nabati) berdampak positif dan negatif.. seandai nya suatu produk nya benar tidak menggunakan lesitin babi…alangkah tidak beruntung nya perusahaan itu. Semoga Alloh SWT memberikan petunjuk nya. Dan mungkin siapa tau yg memberikan tentangbartikel inipun cm mengadudombakan. Wallohualam…

  54. Wah, sya tidak nyangka, , sebuah rekaman dari seorang ustad, yang cukup lumayan lma rekamannya itu., menyebar smpai k mn2, sya slut untuk yg merekamnya…
    Dia menceritakan bhwa untuk pindah k islam sja hrus dsram mnyk panas olh anknya sendiri, dia tertembak, dn tulngny remuk., tp sy brtrimakasih sngat kpda ustad itu krn tlah memberitahukan org islam bhynya lesitin dan gelatin itu… Dy smpai brni brsumph jg…
    Tq untuk infonya..,😀

  55. terus bagaimana dengan coklat dan permen yang telah kita makan sebelum kia tahu bahwa saat ini sedang beredar lesitin babi dalam permen dan coklat? terus bagaimana suaya kita terhindar dari bahaya tersebut?

  56. sya sjtuju hanya dngan hukum islam lah yg bisa menjamin smua nya yg haram d kta kan yg haram yg halal d kta kan halal wasalam

  57. Subhanaloh”””””

  58. Goblog Ant Ngajien Na,,,

    #mit_amit

  59. ‘Kalau begitu Enaknya dan baiknya kita lebih hati hati dalam memakan makanan pasar.
    lebih baik lagi kalau kita tdk memakan makanan dari pasar karena sudh maraknya barang yang NAJIS yang di campur dengan makanan ,,,,,,,,,,,,,,,,,para kyai kita terdahulu memang telah melarang kita untuk memakan makanan pasar maka saatnya kita menuruti beliau beliau di era yang serba gak jelas ini

  60. wakakakaka….ngakak g liat komentar2 nyangkut2in permen dan coklat ke agama lain…. dgn alasan niat hancurin islam lah……Aduh otak nya udah banyak di jejalin negatif thingking ya ?
    Kalo takut ada lemak babi di permen dan coklat ya udah nggak usah di beli dan dimakan , gampang toh ?
    Plus kalo ada takut makanan di pasar di campur yg sama yg haram ya jangan beli di pasaran….. Produksi aja sendiri itu makanan2 nya ….ya toh ? Gitu aja kok repot

  61. IDIOT SEMUA. MASALAH NYA ORANG ISLAM ITU GOBLOK SEMUA. MANGKANYA GA ADA YANG BUAT PERUSAHAAN YANG BENER. KERJAANNYA CUMA JADI EKSTRIMIS AGAMA. Tidak ada lah misi misionaris untuk menghancurkan Islam. Adanya Islam sendiri yang menghancurkan Islam. Sunni menghancurkan Syiah dan sebaliknya. Kan itu GOBLOK. Bukannya saling membantu… Malah misionaris lah yang membantu membangun sekolah dan masjid. Lagi pula lebih banyak lesitin babi juga dikarenakan perkembangan teknologi pangan di negara islam itu terbelakang. Semua hanya mempedulikan PERANG, JIHAD, MENGHANCURKAN AGAMA LAIN, KORUPSI, POLIGAMI, LALU PERANG LAGI. Harusnya kembangkanlah itu teknologi pangan yang baik lalu kuasai dunia pangan internasional agar aman makanan anda. Jangan cuap-cuap misionaris ingin menghancurkan Islam. Anda tidak berpendidikan itu namanya.

  62. Hi semua, saya cuma mau bantu jelasin aja, kebetulan saya bekerja di industri makanan yang sedikit banyak bersentuhan dengan ingredients dalam makanan. E number itu adalah kode additives dalam makanan; beberapa kode di atas berasal dari minyak nabati & beberapa dari lemak hewan, tapi nggak selalu minyak babi. yang bisa menjelaskan kandungan spesifik dari E number tsb cuma produsennya saja. tiap produsen biasanya kalau memang barangnya ingin diklaim halal pasti mengantongi halal sertifikat & untuk mendapat halal serifikat juga prosesnya nggak mudah. Saran saya, ada baiknya cari tau dari beberapa referensi dahulu sebelum mengemukakan atau mempercayai suatu berita🙂

  63. Ini lah kelemahan islam di ingetin malah ngambek… Dah gitu komenya mirip org yg g sekolah lg harga lesitin yang halal itu mahal karna cara membuatnya terlalu lama di banding haram…
    Sama tuh ama penyembelihan hewan yg ada di pasar yg kita jumpai… Gw ngomong gini krna gw dah liat dari mata gw sendiri yg lgsung dri tmpat penyembelihan dan pembuatan…

  64. Buat umat islam lesitin kedelai dan nabati itu juga di campur sama yg haram. Karna biar prosesnya cepat

  65. Kalau memang halal semu PT makanan di indonesia akan bangkrut karna tak sanggup bayar pajak dan karyawannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: