• Arsip Posting Blog Ini

  • Assalamu’alaikum Saudaraku

    Selamat Datang Di Gubug Maya milikku, Sebagai tamu adalah suatu kehormatan bagi saya untuk menjamu anda dengan tulisan-tulisan saya yang kurang berilmu. Komentar Anda Adalah Bentuk Perhatian Anda Bagi Kami Terima kasih Kunjungannya
  • Makna Hidup !!!!!

    Katika kita lahir, kita menangis dan semua orang tertawa melihatnya maka ketika kita mati, seharusnya kita buat mereka menjadi menangis melihat kita dan kita tertawa karena melihat syurga sesaat sebelumnya
  • Kata Mutiara

    Orang Cerdik Adalah orang yang selalu menjaga dirinya dan beramal untuk bekal sesudah mati, Orang Kerdil adalah orang yang hanya menuruti hawa nafsunya tetapi ia mengharapkan berbagai harapan pada Allah (HR Turmudzi)
  • Halaman yang ada

  • Hisab Bernilai BENAR jika telah jatuh Rukyah

  • Islam Rohmatan Lil’Alamin

    Jangan Membuat Sulit Pengamalan Islam Karena Islam Itu Mudah dan Memudahkan
  • Hikmah

    "Orang yang kaya beramal dengan hartanya, Orang miskin beramal dengan kesabarannya"
  • Istiqomah!!!

    Kadang apa yang kita lakukan tiada menghasilkan apapun kecuali kepenatan, tapi keistiqomahan akan berbuah dan buah istiqomah itu tidak lain adalah sebuah kebahagian
  • Tebarkan Kebaikan

    Silahkan ambil artikel atau apapun di situs ini tanpa harus meminta ijin namun menyertakan link balik ke situs ini sebagai wujud etika berjaringan. Terima kasih telah berbagi ilmu dengan saya
  • Total Pengunjung yang Pernah Singgah

  • Yang Sedang Online(s)

  • Jalin Silaturahim Lewat Jaringan Silahkan Klik

    Gak Bisa di Klik??? Langsung aja add radenmas_surya
  • Hati dan Cahaya Ke-Maha Agung-an Allah

    "tidak akan cukup untuk menampung Ku Langit Ku dan Bumi Ku itu, yang cukup menampung Ku adalah jiwa hamba Ku yang beriman" (hadist Qudsi)
  • Rumusan Tulisan

Sudahkah Kita Bersyukur Hari Ini???

Coba anda hitung berapa nikmat yang Allah berikan mulai dari anda bangun tidur hari ini! Ketika anda terbangun, anda masih dapat bernafas, jantung anda masih berdetak, darah anda masih mengalir, mata anda masih melihat, telinga anda masih mendengar dan semua kenikmatan yang tak bisa terhitung jumlahnya. Maka dari itu dengan banyaknya nikmat yang Allah berikan, sudah sepatutnya sebagai makhluk yang diberi nikmat kita harus bersyukur jika tidak mau dianggap sebagai makhluk yang kufur.

Namun banyak manusia yang lalai dalam bersyukur dan terhalang karena terlalu bersuka cita terhadap nikmat yang Allah berikan. Meraka itulah yang disebutkan dalam Al-Qur’an sebagai makhluk yang kufur yang ia mendapat nikmat namun tiada bersyukur. Mereka itulah yang akan mendapat janji Allah atas kekufuran mereka. Allah telah menjanjikan siksaan yang pedih bagi mereka sebagaimana yang sering kita dengar “Barang siapa yang bersyukur maka Allah akan menambahkan nikmat-Nya dan barang siapa yang kufur maka siksa Allah teramat pedih” begitu Ustadz sering berkata dalam kajiannya.

Mata kita yang darinya kita terbebas dari kebutaan adalah nikmat dari Allah, dan telinga yang mencegah kita dari tuli juga nikmat dari-Nya, dan Otak (pikiran) yang sehat yang menjauhkan kita dari kegilaan yang menghinaan adalah nikmat dari-Nya, “Maka nikmat Tuhan kamu makakah yang kamu dustakan?” padahal semua yang ada didalam dirimu adalah nikmat dari-Nya bahkan kesehatan yang kadang tiada kau sadari sebagai nikmat pun adalah merupakan nikmat dari-Nya bahkan waktu luang yang kita sering sia-siakan adalah nikmat dari-Nya. “Maka nikmat Tuhan kamu manakah yang kamu Dustakan?”

Manusia sering lupa untuk bersyukur atas nikmat dari Allah, dan lalai dalam kesenagan. Rasul pernah berpesan kepada Shohabat bahwa nikmat yang sering dilupakan adalah Kesehatan dan Keluasan Waktu. Dan semua itu terbukti benar, karena kebanyakan orang baru sadar akan nikmat sehat setelah ia mendapat sakit dan nikmat lapang setelah datang masa sempit. Saya pun tidak memungkiri sering terlena dan lupa dalam bersyukur kepada Allah dan sering larut dalam kesenagan yang semu, maka dari itu saya menulis disini bukan untuk menggurui tapi lebih kepada saling mengingatkan.

Ada banyak cara dalam kita bersyukur dalam menanggapi nikmat yang Allah berikan. Salah satunya dengan menggunakan nikmat tersebut untuk berbuat kebaikan, menggunakan nikmat tersebut sebagai sarana untuk mendekatkan diri dan menghamba kepada Allah juga sebagai sarana mencari keridhoan dan cinta-Nya. Mata kita gunakan untuk mentadaburi keindahan dan ketinggian ilmu Allah, Ciptaan Allah yang sempurna dan mengambil manfaat dari apa yang kita lihat dan kita amati. Telinga kita gunakan untuk mendengarkan mauidhoh hasanah dari ustadz, kyai, ulama, habib dan mendengarkan alunan suci kalam Ilahi. Tangan kita gunakan untuk menyalurkan kebaikan, memberikan sodaqoh, menafkahkan harta dijalan Allah. Kaki kita gunakan untuk mendatangi majelis dzikir, ilmu dan ta’lim yang bermanfaat. Sehingga nantinya hidup kita menjadi lebih berarti dan bermakna.

Bukan cuma itu tapi kita juga bisa bersyukur dengan membagi nikmat yang kita dapat dengan orang lain, tentunya nikmat yang tidak melekat dibadan. Seperti harta, pakaian, kendaraan dan sebagainya. Mungkin kita tidak harus memberikan semua yang kita miliki, bahkan jika kita tidak suka memberipun kita masih bisa meminjamkannya demi membantu beban sesama tentunya. Bahkan Allah dan Rasul-Nya tiada pernah mempersulit hamba-Nya dalam mendekat kepadanya. Senyum yang tuluspun bisa bernilai syukur jika kita ikhlas memberikan demi menyenangkan hati saudara kita. Semua itu adalah jalan Syukur yang mudah dan tidak perlu menjadi kaya harta untuk melakukannya.

Semoga Dapat menjadi manfaat, Allahu’alam

2 Tanggapan

  1. Alangkah indahnya bila semua orang menebarkan senyum…

    saat ini, cukup banyak saudara kita yg senang menuding & menyalahkan orang… bukankah lebih indah bila semuanya tersenyum…? semuanya santun, indah dan ramah…?

    terima kasih atas share yg begitu indah ini…
    senyampang lebaran, mohon maaf lahir & batin, saudaraku…

    semoga Allah menyatukan & melembutkan hati semua umat Islam, amin…

    salam,
    achmad faisol
    http://achmadfaisol.blogspot.com

  2. Hanya sebatas ini kemampuan saya Pak….hendaknya kalo boleh saya ingin mengaji kepada Bapak baik secara pribadi by email maupun via blog Bapak…….semoga Allah memberikan tambahan ilmu bagi saya agar lebih bisa bermanfaat bagi sesama…..amiiiiinnnnnn

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: