• Arsip Posting Blog Ini

  • Assalamu’alaikum Saudaraku

    Selamat Datang Di Gubug Maya milikku, Sebagai tamu adalah suatu kehormatan bagi saya untuk menjamu anda dengan tulisan-tulisan saya yang kurang berilmu. Komentar Anda Adalah Bentuk Perhatian Anda Bagi Kami Terima kasih Kunjungannya
  • Makna Hidup !!!!!

    Katika kita lahir, kita menangis dan semua orang tertawa melihatnya maka ketika kita mati, seharusnya kita buat mereka menjadi menangis melihat kita dan kita tertawa karena melihat syurga sesaat sebelumnya
  • Kata Mutiara

    Orang Cerdik Adalah orang yang selalu menjaga dirinya dan beramal untuk bekal sesudah mati, Orang Kerdil adalah orang yang hanya menuruti hawa nafsunya tetapi ia mengharapkan berbagai harapan pada Allah (HR Turmudzi)
  • Halaman yang ada

  • Hisab Bernilai BENAR jika telah jatuh Rukyah

  • Islam Rohmatan Lil’Alamin

    Jangan Membuat Sulit Pengamalan Islam Karena Islam Itu Mudah dan Memudahkan
  • Hikmah

    "Orang yang kaya beramal dengan hartanya, Orang miskin beramal dengan kesabarannya"
  • Istiqomah!!!

    Kadang apa yang kita lakukan tiada menghasilkan apapun kecuali kepenatan, tapi keistiqomahan akan berbuah dan buah istiqomah itu tidak lain adalah sebuah kebahagian
  • Tebarkan Kebaikan

    Silahkan ambil artikel atau apapun di situs ini tanpa harus meminta ijin namun menyertakan link balik ke situs ini sebagai wujud etika berjaringan. Terima kasih telah berbagi ilmu dengan saya
  • Total Pengunjung yang Pernah Singgah

  • Yang Sedang Online(s)

  • Jalin Silaturahim Lewat Jaringan Silahkan Klik

    Gak Bisa di Klik??? Langsung aja add radenmas_surya
  • Hati dan Cahaya Ke-Maha Agung-an Allah

    "tidak akan cukup untuk menampung Ku Langit Ku dan Bumi Ku itu, yang cukup menampung Ku adalah jiwa hamba Ku yang beriman" (hadist Qudsi)
  • Rumusan Tulisan

Khaul……Apa Manfaatnya???

Pertanyaan ini mungkin biasa dilontarkan oleh kita baik secara sadar ataupun tidak, atau justru kita menganggapnya sebagai suatu perbuatan yang Bid’ah yang tidak boleh dilaksanakan. Lalu apa sebenarnya manfaat dari Khaul itu???

Bila anak cucu adam meninggal maka yang mengantar ada tiga yaitu hartanya, sanak keluarga, amalnya. Yang dua kembali yaitu harta dan sanak keluarga dan yang tinggal (menemani) hanyalah amalnya saja.

Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap yang meniggal itu hanya membawa amal perbuatannya selama di Dunia. Dan tidak dapat diragukan bahwa orang-orang yang masih hidup itu diberikan kewajiban mendo’akan orang-orang yang telah meninggal dunia. Maka dari itu, dalam rangka mengirimkan do’a kepada orang-orang yang telah meninggal terutama sanak keluarga yang telah berpulang dilaksanakanlah peringatan Khaul, karena tidak ada yang ditunggu-tunggu oleh mereka yang ada di alam barzah kecuali kiriman do’a dari kita yang masih hidup.

Itu adalah manfaat khaul bagi orang yang telah meniggal lalu untuk kita yang masih hidup adakah manfaatnya??? Diantara manfaatnya adalah sebagai nasehat dan mengingatkan kita akan kematian.

Mungkin bila kita mendengarkan ceramah Ustadz, Kyai, Ulama ternama atau Habibullah tentang nikmat surga, dalam diri kita merasa tenang dan senang kala itu dikarenakan membayangkan nikmat tersebut. Namun jika telah kembali kedalam kehidupan dan rutinitas kita masing-masing maka lupalah itu semua. Begitu pula ketika kita diceritakan betapa pedih dan mengerikannya neraka maka kita langsung merinding, bahkan sampai menyucurkan air mata memohon perlindungan pada Allah agar terhindar dari yang demikian, tapi setelah meninggalkan majlis itu kita sudah berubah lagi seperti sedia kala.

Ini sangat berbeda dengan nasehat akan kematian, ia akan melekat setidaknya lebih lama dalam diri kita. Bila anda mendengar tetangga anda meninggal dunia padahal kemarin ia sehat dan bugar badannya, sementara anda sedang dalam keadaan sakit, yang terlintas dalam pikiran anda adalah “Waduh dia yang sehat aja mati, jangan-jangan sakit saya ini pertanda kalau saya mau mati.” Atau mungkin jika ada kurung batang (keranda) lewat didepan rumah anda, yang terlintas dalam pikiran anda, “Gue besok juga akan naik demikian,  padahal gue punya mobil tapi tetep aja gue dibawa pake demikian itu.” Hilanglah kesombongan anda dan kecintaan anda akan dunia karena mengingat yang demikian.

Mungkin anda akan bilang, itukan gak da hubungannya dengan khaul, yang anda ceritakan itu gak nyambung. Tapi bila anda memang punya waktu untuk mengikuti pelaksanaan khaul ulama besar maka saya sarankan untuk mengikutinya agar apa yang saya katakan/ceritakan ini tidak anda anggap suatu ketidaknyambungan.

Mungkin anda sampai sekarang masih bisa menghindar dari sergapan maut, tapi sampai kapan anda akan seperti itu. Bila kurung batang (keranda) itu bisa bicara mungkin ia akan berkata pada anda demikian :

“Hari ini si fulan yang naik gue, kapan giliran lho? gue dah gak sabar kepengen ngankut lho nich……ntar kita jalan-jalan bareng, enak kok naek gue gak capek dan perlu nyetir, gak perlu beli bensin…..Kan ada yang rela dan ridho ngangkat kita berdua…….” Tapi sayangnya kita tidak mendengar dan memperhatikan yang demikian itu.

Semoga dapat bermanfaat………….Allahu’alam, Afwan

2 Tanggapan

  1. mhon terangkan lebih jlas tentang tahlilan dan yasinan

  2. Nice Info, thanks😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: