• Arsip Posting Blog Ini

  • Assalamu’alaikum Saudaraku

    Selamat Datang Di Gubug Maya milikku, Sebagai tamu adalah suatu kehormatan bagi saya untuk menjamu anda dengan tulisan-tulisan saya yang kurang berilmu. Komentar Anda Adalah Bentuk Perhatian Anda Bagi Kami Terima kasih Kunjungannya
  • Makna Hidup !!!!!

    Katika kita lahir, kita menangis dan semua orang tertawa melihatnya maka ketika kita mati, seharusnya kita buat mereka menjadi menangis melihat kita dan kita tertawa karena melihat syurga sesaat sebelumnya
  • Kata Mutiara

    Orang Cerdik Adalah orang yang selalu menjaga dirinya dan beramal untuk bekal sesudah mati, Orang Kerdil adalah orang yang hanya menuruti hawa nafsunya tetapi ia mengharapkan berbagai harapan pada Allah (HR Turmudzi)
  • Halaman yang ada

  • Hisab Bernilai BENAR jika telah jatuh Rukyah

  • Islam Rohmatan Lil’Alamin

    Jangan Membuat Sulit Pengamalan Islam Karena Islam Itu Mudah dan Memudahkan
  • Hikmah

    "Orang yang kaya beramal dengan hartanya, Orang miskin beramal dengan kesabarannya"
  • Istiqomah!!!

    Kadang apa yang kita lakukan tiada menghasilkan apapun kecuali kepenatan, tapi keistiqomahan akan berbuah dan buah istiqomah itu tidak lain adalah sebuah kebahagian
  • Tebarkan Kebaikan

    Silahkan ambil artikel atau apapun di situs ini tanpa harus meminta ijin namun menyertakan link balik ke situs ini sebagai wujud etika berjaringan. Terima kasih telah berbagi ilmu dengan saya
  • Total Pengunjung yang Pernah Singgah

  • Yang Sedang Online(s)

  • Jalin Silaturahim Lewat Jaringan Silahkan Klik

    Gak Bisa di Klik??? Langsung aja add radenmas_surya
  • Hati dan Cahaya Ke-Maha Agung-an Allah

    "tidak akan cukup untuk menampung Ku Langit Ku dan Bumi Ku itu, yang cukup menampung Ku adalah jiwa hamba Ku yang beriman" (hadist Qudsi)
  • Rumusan Tulisan

Untuk Sahabatku yang sedang Gundah Hatinya (La-Tahzan)

Beberapa waktu lalu aku chating dengan sahabatku, sebut saja si Fulana. Ia bilang padaku sedang sedih karena suatu masalah yang sedang dihadapinya. Inilah sebagian diskusiku dan si Fulana yang demi menjaga privasinya saya ganti identitasnya, semoga menjadi pelajaran:

X : Amin kak..tapi namaku sudah jelak dan tercemar akibat kesalahanku sendiri
Muhammad Surya Ikhsanudin: Barong, Celsea dan siapa itu satunya……..(para pencari Tuhan) yang lebih tercemar aja bisa murni kembali
Muhammad Surya Ikhsanudin: masa kamu gak?
X : Aku sadari bahwa aku ini sangat hina sekali
Muhammad Surya Ikhsanudin: tuch kan memaki lagi
Muhammad Surya Ikhsanudin: dah dech gak da gunanya bilang begitu terus kecuali satu
X : tapi emank iya kak kan
Muhammad Surya Ikhsanudin: kamu menjadi benar2 hina dimata Allah, mau kamu hina dimata Allah
X : enggak
X : kakak koq malah bikin aku tambah nangis
Muhammad Surya Ikhsanudin: Pelacur yang Hina dimata manusia aja bisa masuk Syurga, masa kamu yang terhormat malah menghinakan diri
Muhammad Surya Ikhsanudin: bukannya gitu X, semua yang kamu katakan itu semua hanya menambah keburukan diri kamu dan malah menjatuhkan semangat hidup kamu
X : tapi semua manusia memang hina didepan TuhanNya
Muhammad Surya Ikhsanudin: Apakah nabi Muhammad SAW itu hina? apakah Shohabat itu hina? apakah Ali ibn Abi Tholib sang Pintu Ilmu itu hina? apakah mereka para Aulia dan syuhada itu hina dimata Allah?
Muhammad Surya Ikhsanudin: jangan begitu X, kamu orang Psikologi harus lebih bijak dalam menyikap suatu masalah dan lebih berfikir positif. masalah itu seperti karet, akan putus ketika mencapai tegangnya
X : aku sudah hancur..
Muhammad Surya Ikhsanudin: jadi gak bener semua kesedihanmu itu, gak beralasan
X : aku tak pantas masuk psikologi
Muhammad Surya Ikhsanudin: baca La-Tahzan
Muhammad Surya Ikhsanudin: renungi dan pahami
Muhammad Surya Ikhsanudin: baru kamu teruskan memaki dirimu sendiri
Muhammad Surya Ikhsanudin: atau kamu hanya hanya akan membunuh dirimu sendiri jika kamu memaki terus sebelum membaca buku tersebut
X : aku sudah baca buku itu……………..
Muhammad Surya Ikhsanudin: apa yang kamu baca itu gak ada artinya tanpa pemahaman
X : aku emnk bodoh..
Muhammad Surya Ikhsanudin: buktinya kamu masih memaki dirimu sendiri, kalo kamu benar membacanya dan memahaminya kamu akan bersikap bijak dan arif bukan seperti ini
X : iya krn aku bodoh jadi ga bisa memahami
Muhammad Surya Ikhsanudin: La-Tahzan itu buku yang sangat bagus untuk anak2 psikologi dan bagus bagi mereka yang sedang jatuh. Baca dan diskusikan bersama teman jika kamu tidak dapat memahaminya sendiri
X : aku sudah pernah mendiskusikannya ma ibu..ibu jg bilang buku itu sangat cocok buat orang kyk aku
Muhammad Surya Ikhsanudin: betulkan
X : Astaghfirullah………….
X : iya betul
X : sedih.ini suratan..

Begitulah kira-kira diskusi kami, dan diskusipun harus diakhiri karena aku dan Dia harus kembali kepada rutinitas masing-masing. Yang inti dari diskusi itu adalah :

1. Kita tidak boleh menghina diri sendiri dengan alasan apapun kecuali menghinakan diri atas dosa-dosa yang kita lakukan dan itu hanya kepada Allah semata.

2. Manusia diciptakan dengan kemuliaan dan kesempurnaan, dan Allah pun memuliakan mereka (manusia) dengan menyuruh malaikat dan iblis sujud kepada Nabiyullah Adam AS.

3. Kesedihan pada dasarnya bukanlah bagian dari syariat dan tidak ada dasarnya secara syariat kecuali kesedihan atas kesalahan dan dosa, kebaikan yang tertunda dan tidak terlaksana, dan syukur yang kurang.

Demikian dari saya semoga bermanfaat, Allahu’alam

Semoga Allah menjernihkan Hati kita semua, amiin

8 Tanggapan

  1. apapun yang terjadi, selama hal itu sudah melalui usaha dan doa, maka semua itu adalah yang terbaik yang Allah SWT berikan pada hambaNYA…
    tapi, klo tanpa usaha dan doa..
    terima aja apa adanya..

    tetep semanget…😉

    se7

  2. Iya, bersedih sm sekali ga ada gunanya… menghina diri sendiri apalagi… semoga tmnnya segera disadarkan dan tidka membuang2 waktu dgn meratapi nasib..

    semangat!

    InsyaAllah temen saya sudah sadar……*pingsan kali* gak mbak maksudnya dia sudah tau kok kesalahannya dan itu dibuktikan dengan pengakuannya di akhir chatingan….hehehehe terima kasih sudah sudi mampir……

    Semangat too

  3. emang susah mbilangin orang kalo dia pas lagi kondisi down bgd..
    kadang yang dia butuhin bukan omongan, tapi perhatian dan semangat🙂
    semoga cepet hilang sedihnya..

    se7 sama mbak Namada, dan do’anya aku amiini

  4. Assalamu’alaikum wr wb.
    Buat saudara/i fulan, sy turut prihatin atas pristiwa yang anda alami (entah itu apa?) Saya hanya ingin anda kembali happy n ga sedih lagi, yah?? smile dong?? pasti cantik or tambah cakep. betul apa yang dikatakan saudara surya La tahzan adalah kuncinya, qt tidak perlu bersedih terhadap sesuatu yang tak pantas untuk qt sedihkan, Hidup ini indah bukan untuk di tangisi…. seperti yang disampaikan blogger ” seorang pelacur aja bisa masuk surga hanya karena memberi minum seekor anjing yang kehausan” apalagi anda yang saya anggap pasti 1000% lebih baik dari DIA. Jika anda sudah ikhtiar dan do’a serahkan semuanya pd NYA (Allah yang maha baik) Tiada daya dan upaya kecuali atas kehendaknya. IKHLAS terdapat semua yang telah anda alami itu adalah intinya, jagalah hati karena apapun yang anda pikirkan itulah yang akan anda dapatkan, jadi berpikirlah tentang kebahagian dan keindahan dalam menjalani hidup ini, dan perbanyaklah bersyukur, jangan mengeluh apalagi menghina diri anda. Anda telah menyadari kesalahan anda dan itu lebih baik daripada tidak pernah sadar akan kesalahan yang anda lakukan, semoga Allah selalu memberi petunjuk nya kepada anda begitupun kepada saya yang juga masih berusaha belajar untuk IKHLAS terhadap semua yang telah terjadi, dan semoga qt juga tergolong hamba2 nya yang pandai BERSYUKUR, AMIN.

    Udah dulu ya?? kayaknya nie komentar koe yang paling panjang diantara semua komentarQ yang terdahulu… wah hebat ya aq… hehehe maaf kepada blogger karena saya sudah memakai halaman comentar anda terlalu banyak, semoga bermanfaat, Allahu’alam.

    Wassalam

    masih pendek mbak, panjangan juga komentar saudaraku di “pendapat para ulama-ulama besar tentang Bid’ah” dan “Apakah Allah mengenal kita????” coba cek dech dan bandingkan, hehehehehehe itu bisa mbak nulis segitu panjang, tapi kadang kok kelewat merendah ya????

  5. Mm, biasanya kl sm klienku atw sohibku yg sdg gundah, kubiarkan mereka mengeluarkan semua uneg2, airmata, atau cadangan apapun (entar golok lagi yg keluar, gimana??) sampai mereka lumayan tenang. Biasanya ketika itu saya relatif lbh bisa masuk u pelan2 ngasih saran/advis🙂 Soalnya kl dr awal udah dijejali nasehat, mrk msh berontak terus… Btw, thx sdh mampir ke blogku ya, senang nambah teman baru🙂

  6. ini malah kebalik sptnya. Mas Suara malah jd psikolognya psikolog. *halah*😆 psikolog jg manusia.

    Ada sajak* bagus nih.
    wahai kau yg dibelenggu rantai takut dan gelisah
    pelajarilah mutu kata Nabawi: “Laa Tahzan”
    jgn takut tak berketentuan
    jika adalah padamu Tuhan Yang Maha Kuasa
    lemparkanlah jauh2 segala takut dan bimbang
    lemparkan cita untung dan rugi
    kuatkan iman sekuat tenaga
    dan kesankanlah berkali-kali dlm jiwamu: “La Khaufun ‘Alaihim”
    tiada resah dan gentar pd mereka bg zaman kan datang
    bila Musa pergi kpd Fir’aun
    hatinya membaja oleh mutu kata: “Laa Takhaf, janganlah takut dan bimbang”
    siapa yg telah mempunyai al-Musthafa
    melihat syirik dlm setiap denyut dan luapan takut bimbang.

    * karya Dr.Muhammad Iqbal dg judul Laa Takhaf Wa Laa Tahzan.

    So, tetaplah tawakkal ‘ala Alloh, artinya mewakilkan perkara yg qt takuti itu kpd Alloh, mk Alloh akan memberikan pemecahan masalah tsb.

    Jadi gak enak aku ini, masa dibilang psikolognya psikolog…..malu aku. Sebenarnya kejadiannya gak sedramatisir tulisanku lho mas Yodama, memang itu chatingan asli tapi yo ojo ngomong aku psikolognya psikolog aku kan malu……..:”>

  7. andai z da pErpuz yg bLh minjamin buku n bLh d bw pLg k rmh….pasti qt gag pLu ssh kalo qt gag pny uang tuk bLi bku…

  8. فاصبر على مضض الأيّام محتملاً

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: