• Arsip Posting Blog Ini

  • Assalamu’alaikum Saudaraku

    Selamat Datang Di Gubug Maya milikku, Sebagai tamu adalah suatu kehormatan bagi saya untuk menjamu anda dengan tulisan-tulisan saya yang kurang berilmu. Komentar Anda Adalah Bentuk Perhatian Anda Bagi Kami Terima kasih Kunjungannya
  • Makna Hidup !!!!!

    Katika kita lahir, kita menangis dan semua orang tertawa melihatnya maka ketika kita mati, seharusnya kita buat mereka menjadi menangis melihat kita dan kita tertawa karena melihat syurga sesaat sebelumnya
  • Kata Mutiara

    Orang Cerdik Adalah orang yang selalu menjaga dirinya dan beramal untuk bekal sesudah mati, Orang Kerdil adalah orang yang hanya menuruti hawa nafsunya tetapi ia mengharapkan berbagai harapan pada Allah (HR Turmudzi)
  • Halaman yang ada

  • Hisab Bernilai BENAR jika telah jatuh Rukyah

  • Islam Rohmatan Lil’Alamin

    Jangan Membuat Sulit Pengamalan Islam Karena Islam Itu Mudah dan Memudahkan
  • Hikmah

    "Orang yang kaya beramal dengan hartanya, Orang miskin beramal dengan kesabarannya"
  • Istiqomah!!!

    Kadang apa yang kita lakukan tiada menghasilkan apapun kecuali kepenatan, tapi keistiqomahan akan berbuah dan buah istiqomah itu tidak lain adalah sebuah kebahagian
  • Tebarkan Kebaikan

    Silahkan ambil artikel atau apapun di situs ini tanpa harus meminta ijin namun menyertakan link balik ke situs ini sebagai wujud etika berjaringan. Terima kasih telah berbagi ilmu dengan saya
  • Total Pengunjung yang Pernah Singgah

  • Yang Sedang Online(s)

  • Jalin Silaturahim Lewat Jaringan Silahkan Klik

    Gak Bisa di Klik??? Langsung aja add radenmas_surya
  • Hati dan Cahaya Ke-Maha Agung-an Allah

    "tidak akan cukup untuk menampung Ku Langit Ku dan Bumi Ku itu, yang cukup menampung Ku adalah jiwa hamba Ku yang beriman" (hadist Qudsi)
  • Rumusan Tulisan

Absen itu merubah jalan pikiranku

Saat aku naik ke kelas III SMA, ada suatu peraturan baru yang harus aku dan semua murid kelas III baik IPA maupun IPS dan Bahasa taati dan patuhi yang dibuat secara sepihak oleh Guru kami yang juga Wali kelas kami, beliau Ust. Ikhsanudin, S.Ag memberi peraturan bahwa setiap kali pertemuan dengan beliau dikelas maka para murid akan diabsen (biasa aja gak da yang istimewa, absen waktu ngajarkan biasa).

Namun absen yang dimaksud bukan sekedar absen kehadiran tapi juga ABSEN SHOLAT (wach absen sholat? ehhh kaya apa ya?) setiap murid yang dipanggil namanya, satu per satu memberikan laporan perihal sholatnya, apa dia lengkap ataukah ada yang bolong-bolong. Suatu trobosan yang sungguh sangat brilian dan mengena sekali pada diriku yang waktu itu masih suka bolong-bolong (jujur amat kang, gak malu apa?) akhirnya karena ketakutan (bila bohong pada diri sendiri, pen) dan rasa malu yang bila teman tau maka aku pun bertekad untuk melengkapi dan menyempurnakan sholat yang lima waktu itu.

Alhamdulillah, niat yang tadinya hanya untuk melengkapi absen sholat dari Pak Ikhsan (panggilan akrab beliau) menjadi suatu kenikmatan yang merindukan. Sehingga yang tadinya males untuk ikut Rohis pun menjadi terpanggil untuk mengikuti kajian yang salah satu penyajinya adalah sang Guru tersebut dan Ustadz2 lain yang bernaung di SMA Negeri 1 Comal. Walau Rohis itu sendiri bermula dari sebuah IRM (Ikatan Remaja Muhammadiyah) yang kemudian bermetamorfosis menjadi ISC (Islamic Study Club) namun penyajinya bukan hanya dari lingkungan Muhammadiyah semata namun juga dari golongan Nahdiyyin sehingga yang ikut pun bercampur baik dari Remaja Muhammadiyah sendiri maupun dari Remja NU sehingga rasa toleransi pun sangat terasa disana (begitu harusnya toleran jangan saling menyesatkan, hehehehe)

Ini merubah pemikiranku yang tadinya memandang sebelah mata terhadap Muhammadiyah menjadi terbuka, akhirnya aku pun berniat untuk lebih memahami dan lebih mendalami Muhammadiyah dan jalan berfikir mereka. Sungguh diluar dugaan, keinginanku mendalami mereka disambut hangat dan dengan tangan terbuka oleh mereka. Walhasil, banyak sekali pemahaman dan pendalaman agama yang aku peroleh dari mereka, diantaranya Cara bersikap mereka yang arif dan bijak, Metode muhasabah dengan ESQ (Emosional n Spiritual Quoestion), dan ilmu-ilmu lain yang manfaatnya masih aku rasakan sampai sekarang.

Namun sebenarnya jauh sebelum itu semua, Rasa toleran Muhammadiyah dan NU sudah aku rasakan didalam rumahku sendiri yang kebetulan Kakekku adalah Muhammadiyah dan Nenekku adalah NU, namun pengaruh lingkungan dan kepergian kakekku (wafat) saat aku masih kecil merubah pemikiranku, dan dengan adanya ini mengembalikan pemikiranku yang dulu terhadap Muhammadiyah yaitu Toleran, Arif dan Bersahaja sebagaimana kakekku. Namun yang saya sayangkan adalah adanya oknum2 Muhammadiyah dan Oknum2 NU yang menyebarkan perpecahan dan permusuhan antara keduanya di lapisan bawah masyarakat. Padahal sebenarnya antara pengurus pusat kedua ormas Islam terbesar di Indonesia ini tidak ada permusuhan dan perpecahan sama sekali. Perbedaan pendapat dan sebagainya itu adalah wajar selama ditanggapi dengan benar, karena “Perbedaan adalah nikmat”

*gambar diambil dari situs resmi NU (www.nu.or.id)

Gambar-gambar ini menunjukan betapa penilaian masyarakat tentang permusuhan mereka salah besar. Ya walaupun akhirnya dalam pertandingan sepak bola itu tim NU dicukur habis 5-0 tapi itu adalah suatu bukti bahwa diantara mereka ditingkat pusat memiliki toleransi yang tinggi dan perbedaan yang muncul tidak menjadikan perpecahan.

Semoga dengan ini menjadi pembelajaran buat kita agar lebih toleran lagi terhadap sesama (siap Booosssss, younk krut-lah, anda benar sekali bukan saatnya lagi saling ejek n menghina)

Akhirnya saya ucapkan Alhamdulillah kepada Allah dan terima kasih kepada Bapak Ikhsanudin, S.Ag atas absen sholatnya. Semoga Allah merohmati dan memberkahi segala usaha dan amal baik anda.

Salam hormat dari saya,

Allahu’alam

6 Tanggapan

  1. Guru agamanya bagus bgt, Pak.

    Alhamdulillah……Pak Ikhsan memang Guru agama dan pemikir islam yang berfikir untuk kemaslahatan ummat pada umumnya dan muridnya pada khususnya, terima kasih sudah berkunjung

  2. hehe.. tersesat di jalan yang benar ya?😀

    maksudnya gimana nich, aku kok gak mudeng ya????

  3. absen saya sampai sekarang juga msh bolong2.. (tetep saya usahakan untuk menutup “bolongnya”)
    salam kenal juga
    btw untuk gambar Campaign Gizi buruk n kelaparan bisa anda ambil di blog bos ghofur
    linknya: http://aghofur.com/stop-kelaparan-dan-gizi-buruk.html

    masa Pak, suka bohong dech…..gak percaya aku kalo maksudnya absen sholat. makasih pak ya linknya aku akan segera berlari kesana

  4. makasih dah mampir. salam kenal. blogwalking dulu…

    Salam kenal juga, silahkan jalan2

  5. wah klo soal absen sholat, waktu SD juga pernah ngalamin, tapi bedanya setiap murid harus membuat “Buku Jadwal Sholat” dan di paraf oleh ortu masing2, jadi keliatan banget mana yg bolong2 ato rajin😀

    Itu Ide bagus lagi kayaknya, jadi orang tua yang menjadi control atas anak2 mereka sendiri, terima kasih sudah berkunjung, Semoga Allah menjernihkan hati kita semua

  6. Soal absen sholat… he he he.. memang manjur tuh… disekolah anakku malahan ada pemberian juara (lengkap dengan pialanya).. untuk yang paling rajin sholat dan yang paling banyak bolong sholat… Semoga.. bisa jadi penyemangat untuk makin baik dari ke hari ya….

    Wach ada pialanya???Kayaknya boleh juga, tapi malu ya kalo yang banyak bolongnya…….amiin, do’a Ibu yanti saya amini dan InsyaAllah, malaikat berdo’a yang demikian untuk anda juga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: