• Arsip Posting Blog Ini

  • Assalamu’alaikum Saudaraku

    Selamat Datang Di Gubug Maya milikku, Sebagai tamu adalah suatu kehormatan bagi saya untuk menjamu anda dengan tulisan-tulisan saya yang kurang berilmu. Komentar Anda Adalah Bentuk Perhatian Anda Bagi Kami Terima kasih Kunjungannya
  • Makna Hidup !!!!!

    Katika kita lahir, kita menangis dan semua orang tertawa melihatnya maka ketika kita mati, seharusnya kita buat mereka menjadi menangis melihat kita dan kita tertawa karena melihat syurga sesaat sebelumnya
  • Kata Mutiara

    Orang Cerdik Adalah orang yang selalu menjaga dirinya dan beramal untuk bekal sesudah mati, Orang Kerdil adalah orang yang hanya menuruti hawa nafsunya tetapi ia mengharapkan berbagai harapan pada Allah (HR Turmudzi)
  • Halaman yang ada

  • Hisab Bernilai BENAR jika telah jatuh Rukyah

  • Islam Rohmatan Lil’Alamin

    Jangan Membuat Sulit Pengamalan Islam Karena Islam Itu Mudah dan Memudahkan
  • Hikmah

    "Orang yang kaya beramal dengan hartanya, Orang miskin beramal dengan kesabarannya"
  • Istiqomah!!!

    Kadang apa yang kita lakukan tiada menghasilkan apapun kecuali kepenatan, tapi keistiqomahan akan berbuah dan buah istiqomah itu tidak lain adalah sebuah kebahagian
  • Tebarkan Kebaikan

    Silahkan ambil artikel atau apapun di situs ini tanpa harus meminta ijin namun menyertakan link balik ke situs ini sebagai wujud etika berjaringan. Terima kasih telah berbagi ilmu dengan saya
  • Total Pengunjung yang Pernah Singgah

  • Yang Sedang Online(s)

  • Jalin Silaturahim Lewat Jaringan Silahkan Klik

    Gak Bisa di Klik??? Langsung aja add radenmas_surya
  • Hati dan Cahaya Ke-Maha Agung-an Allah

    "tidak akan cukup untuk menampung Ku Langit Ku dan Bumi Ku itu, yang cukup menampung Ku adalah jiwa hamba Ku yang beriman" (hadist Qudsi)
  • Rumusan Tulisan

Untuk Sahabatku yang sedang Gundah Hatinya (La-Tahzan)

Beberapa waktu lalu aku chating dengan sahabatku, sebut saja si Fulana. Ia bilang padaku sedang sedih karena suatu masalah yang sedang dihadapinya. Inilah sebagian diskusiku dan si Fulana yang demi menjaga privasinya saya ganti identitasnya, semoga menjadi pelajaran: Baca lebih lanjut

Salah pakai Baju…….

Ini dia yang unik di Indonesia yang notabennya bangsa timur (katanya, edr)

Jaman dulu…..sekedar ngingetin, waktu bangsa lagi susah banyak orang yang susah beli baju, jadi sering kita lihat orang itu pake baju seadanya. Makan aja susah apalagi buat beli baju, begitu katanya sich…..

Tapi di era yang serba berkecukupan seperti sekarang, dimana tidak ada lagi orang yang kesusahan membeli baju (kebanyakan sich gitu) malah banyak yang gak mau pake baju, kalopun pake baju, yang dipake adalah baju yang salah ukuran alias gak pas dengan badan. Kalo boleh ngomong sich kayaknya itu baju adeknya dicuri lalu dipake gara-gara bajunya lagi pada dicuci……..boonk deng

Untungnya mereka itu tidak pada punya penyakit asma, bisa dibayangin dengan baju yang ketat banget yang perabotanya (kaya dapur aja) pada kelihatan, pasti asmanya kambuh dan bisa-bisa mati mendadak tuch……….

Katanya cewe-cewe yang sering make gituan, gaya kaya gini lagi tren lagi up to date. Walah neng kgak salah tuch……dunia memang lagi berjalan mundur kayaknya….yang udah basi pada dibilang up to date. Itu kan gaya jamannya ngkong (kakek) lagi muda dulu, kagak pernah nonton film bang Ben kali ye???

Aku bingung gimana kalo mereka menikah nanti ya??? pasti gak kan ada surprise-surprise yang membuat indah. Lah mau surprise darimane wonk semua perabotan udah kelihatan, besar apa kecil. Bulet ape kotak udah ketahuan semua. Ya gak bakalan surpriselah……….

Padahal kalo ulang tahun aja, hadiah kejutan yang pertama ditunggu, dan yang pastinya kalo yang namanya kejutan itu gak bakalan hal yang udah tahu. Kalo udah tau gimana mau terkejut coba, ya kan???

Aku sich cuma ngusulin aja, kalo pake baju yang pantes dikitlah, biar derajat lho juga naek. Kan kate orang jawa “Aji Ning Diri Soko Lathi, Aji Ning Rogo Soko Busono” artinya tanya ndirilah ama yang orang jawa. Aku kan bukan translator walau aku orang jawa…..hehehehehehe

Hargai dirimu, jangan sampai suamimu pertamamu mendapatkan barang second, HaPe second masih bisa ditolerir kalo istri pertama second????

Semua kembali pada jalan pikiran masing-masing

semoga bermanfaat, Allahu’alam, afwan

Sebenarnya Siapa Sich yang Ketinggalan Jaman???

Nach ini dia yang bikin kita bertanya-tanya, otak siapakah bautnya kendor???

Sering kita jumpai teman-teman kita yang suka berbuat maksiat atau apalah namanya berdalih biar gaul, gak ketinggalan jaman, dan sebagainya. Apalagi kalo mereka kebetulan ngajakin kita, pasti iming-imingnya gaul, dan biar gak ketinggalan jaman dan semacamnya. Ini sangat ironis, lucu, aneh, dan membuat kita berfikir sebenarnya otak mereka kenceng semua gak sich bautnya.

Kita sering dengar mereka yang mabuk bilang, biar gaul, biar banyak teman dan biar gak ketinggalan jaman padahal nyatanya bagi orang yang masih kencang baut otaknya pasti bilang itu kebalik, salah, dan tidak benar. Gimana tidak, perbuatan mabuk-mabukan itukan perbuatan orang-orang jahiliyah, bahkan sebelum tahun masehi bergulir. Lha kok malah bilang dengan bangganya kalo yang mereka lakukan itu biar gak ketinggalan jaman. Kacau gak tuch cara berfikir mereka???

Yang paling payah lagi mereka yang hidup dalam komunitas homoseks, katanya mereka inilah gaya seks masa depan, gak perlu takut hamil atau dituntut bertanggung jawab karena menghamili. Waduch bagaimana cara mereka ini berfikir, atau mungkin mereka ini benar-benar orang-orang yang gak tau sejarah kali ya??? Padahal yang begituan kan udah dari dulu ada, udah kampunganlah istilahnya. Ummat yang ngelakuin aja udah musnah dari bumi ini, eh malah kita kok ikut-ikutan, tepok jidat n ngelus dada dech gue. Bukankah kaum Sodom, itu sudah lebih dulu ngelakuin homoseks ketimbang kita dan semua tahu kalau akhirnya mereka dimusnahkan dari bumi tanpa sisa. Tapi sekarang, kita malah ikut-ikutan kaum yang sudah dimusnahkan apa itu namanya gak ketinggalan jaman!

Yang hebat lagi sekarang mereka inilah yang dianggap orang-orang yang gaul, yang gak ketinggalan jaman dan yang selalu update. Waduch dunia sudah kebalik ternyata, yang ketinggalan jaman malah di anggap up to date. Kalo mau yang up to date itu Al-Islam, karena inilah syariat tersempurna yang diturunkan paling terkahir yang menyempurnakan syariat-syariat sebelumnya. Dan jelas dalam benak semua orang kalau yang terakhir itulah yang up to date. Bukan produk rekondisi yang sudah jelas barang bekas.

Kalo kita mau up to date, gaul, gak ketinggalan jaman ya jalankan syariat islam dengan benar, tinggalkan itu mabuk, judi dan sejenisnya yang sudah kadaluarsa dan sudah tidak layak diamalkan. Sudah saatnya kita berfikir rasional tentang hal ini, bukan berfikir feodal seperti mereka yang melakukan hal tersebut. Jangan sampai kita terjebak dalam fikiran kolot mereka dan malah berfikir sama seperti mereka, kalo kita berfikir seperti mereka berarti anda perlu servis otak dan minta dikencangkan baut-baut otak yang kendor biar kerja otak lebih optimal dan rasional.

Jangan sampai kita salah dalam bergaul dan malah terjerumus dalam pergaulan yang salah kaprah seperti diatas. Mending kita bergaul dengan orang-orang yang ahli ibadah, rajin sholat dan sebagainya yang sudah jelas otak mereka itu yang normal. Kalau sekiranya karena suatu sebab atau hal yang membuat kita bergaul dengan mereka maka berpeganglah dengan erat-erat tali Allah dan jangan sampai kita terpedaya dengan bujukan mereka. Karena Allah sudah menjanjikan bagi mereka itu neraka yang siap memakan mereka semua. Jangan sampai kita menjadi menu makan neraka, karena kita tidak akan kuat walau betapa kuat seperti apapun kita di dunia.

Allah telah mengharamkan bagi mereka yang meminum khomer mencium bau syurga padahal bau syurga itu bisa tercium dari jarak yang sekian dan sekian jauhnya. Bila kita sudah pernah mencoba cepat-cepatlah bertaubat, jangan samapi kita tidak bisa mencium bau syurga apalagi memasukinya.

Semoga dapat bermanfaat, Allahu’alam. Afwan

Kenapa Bayi Waktu Lahir Menangis ?????????

Ini nich yang buat orang penasaran, kenapa sich bayi kok kalo lahir nangis??? Tapi jangan suruh saya yang belum menikah ini apalagi punya anak disuruh menjelaskannya secara medis…….maaf bukan dokter.

Saya menjelaskan berdasarkan hadist yang saya dengar (karena lewat Radio) dalam rubrik “Nasiulam” Ben’s Radio (106.2 FM Jakarta). Menurut hadist yang termaktub dalam kitab Mukhtal Al-Hadist An-Nabawiyah Wa Ikhkamil Muhammadiyah (Maaf kalo salah nulis) pada bahasan hadist yang dimulai dari huruf “kaff” disebutkan bahwa saat manusia lahir ia disentuh oleh syetan kecuali Nabiyullah Isa dan Siti Maryam As. Masih menurut beliau (Ustadz H. Drs Abdul Hay) Inilah yang menyebabkan bayi menangis ketika dilahirkan.

Bayangin aja bocah yang masih orok yang belum ada dosanya harus melihat makhluk sejelek syetan ketika lahir. Siapa yang gak ketakutan coba, kita aja yang sudah segede gini kalo ngomongin syetan atau hantu atau apalah yang berhubungan dengan alam ghoib kadang merinding. Padahal kita gak ngelihat tuch semua, tapi kita langsung merinding apalagi bayi yang berhadapan langsung. Betapa kaget dan takutnya ia melihat yang demikian, maka pantaslah ia menangis. Malahan masih kata beliau kalo misal tidak nangis itu kemungkinan ia menjadi bisu dikarenakan ketakutan yang berlebihan sehingga suaranya tidak keluar.

Tapi kenapa kita sekarang malah keasikan ya kalo disentuh (digoda) setan untuk melakukan maksiat, perlu belajar dari bayi nich kayaknya…….tapi jangan kita menjadi orok kembali, ntar bukan kasih sayang yang didapat malah bisa-bisa sapu emak yang nyasar ke muka kita. Berabe kan…………

Nach barulah setelah bayi itu bertemu dengan makhluk yang teramat cantik dan penuh kasih sayang, lalu ia ditimang dan disayang kemudian kasih asi barulah ia terdiam dan merasa tenang. Memang menurut yang saya ketahui bukan cuma syetan saja yang menemani bayi saat lahir tapi juga ada malaikat dan jin, tapi disini saya hanya fokus kepada syetan yang bikin bayi nangis,  gak bertanggung jawab banget tuch syetan, bikin nangis gak mau nenangin.

Tapi sedikit melenceng dari bahasan, darimana bayi tau kalo netek itu harus dihisap bukan ditiup??? Terus tak usah dituntun (diberitahu) letak makanannya kok bayi bisa tau ya tempatnya ditetek ibu, pertanyaan konyol yang memancing kita berfikir betapa Allah mencintai ciptaannya sehingga ia memberi ilham hidup kepada mereka.

Nach dihadist tersebut disebutkan Nabi Isa dan Siti Maryam tidak disentuh oleh syetan. Ini dikarenakan kemuliaan merekalah sehingga syetan tidak dapat menyentuh mereka, walau tidak disebutkan dalam hadist tersebut Nabi SAW juga termasuk yang tidak disentuh oleh syetan, ini menurut ustadz Abdul Hay yang diambil dari syarah kitab tersebut. Beliau SAW tidak menyebutkan belaiu sendiri dikarenakan ketawadhuan belaiu.

Allahu’alam, Semoga bermanfaat…….

Satu lagi Kabar Burung……..

Hari kiamat akan segera tiba dan batu bintang akan terbit, Al’Quran akan hilang dan matahari akan dekat diatas kepala, saat itulah manusia akan panik. Itulah akibat dari kelakuan mereka yang selalu menuruti hawa nafsu dalam jiwa. Dan Barang siapa yang menyebarkan surat ini sebanyak 20 (dua puluh) lembar dan disebarkan kepada teman-teman/rekan-rekan anda atau Masyarakat Islam sekitarnya, maka percayalah anda akan memperoleh setelah dua minggu kemudian.Telah terbukti pada seorang pengusaha di Bandung, setelah membaca dan menyalinnya juga menyebarkan sebanyak 20 (dua puluh) lembar, maka dalam jangka waktu 2 (dua) minggu kemudian, dia mendapat keuntungan yang sangat luar biasa besarnya. Sedangkan terhadap orang yang menyepelekannya dan membuang surat ini, Dia mendapat musibah yang besar.

Aku dapat lagi nich YM aneh………yang ini bukan sekedar kabar burung, tapi sunguh membingungkan plus sangat membahayakan. Bayangin aja ditulis dengan blak-blakan kalau Al-Qur’an akan hilang dan matahari akan berada diatas kepala, waaaacccchhh, kaya pemandangan padang ma’syar aja. Kapan itu terjadinya??? Bikin bingung bukan……gak jelas.

Depannya sich OK, mengingatkan kita akan hari akhir dan tidak menuruti hawa nafsu tapi ujungnya…….walah kok suruh nyabarin dan dapat keberuntungan????gak nyambung abis kan dengan isi bahasan utamanya yaitu kepanikan umat manusia dan huru-hara akhir masa. Dan parahnya lagi ada budgetnya lagi 20 lembar, dikit amat, 100 lembar kek biar banyakan dikit. hehehehehe :))

Ada deadlinenya kaya tugas dari pak Guru atau Dosen barangkali………Serem euy takut dihukum suruh berdiri dipojok…………..kekekeke

Wah kalau ada pengusaha yang mendapatkan keberuntungan, itu agak hubungannya kali……kayaknya gue perlu kenal tuch pengusaha……siapa tau dikasih resep cara berwira usaha yang baik…….hehehehe. Tapi sekali lagi nama dan alamat sang pengusaha gak ada n gak jelas, Bandung kan luas………pusing kalu nanya, gak tau namanya sich.

Dan baca Endingnya……wach berat amat ya…..hanya karena gak nyebarin bisa dapat musibah yang besar. Ya Allah hamba-Mu ini berlindung dari tipu daya yang menyesatkan dan tipu daya setan.

Yang jelas ini kabar perlu dikonfirmasi siapa yang mengawali atau barangkali gak usah dipikirin dech…….nyempit-nyempit otak aja kan????? Mending mikirin gimana caranya agar hari ini lebih baik dari kemarin. Itu lebih penting dan lebih utama daripada mikirin kabar burung………Dasar burung, ngirim kabar gak jelas gak ada alamat balasannya pula………

Sosialisasi Dalam Islam

Wach….kalo dari judulnya kayaknya serius abis bahasannya. Tapi tidak seperti itu kok islam, intermezo sangat penting agar orang tidak bosan dengan sajian yang berat yang kadang terlalu sulit dipahami. Nach, judul ini saya angkat sebagai tanggapan atas curhat saya sendiri yang telah terbit lebih dahulu.

Manusia adalah makhluk sosial, semua tau itu dan mereka sadar betul akan itu. Maka sangat tidak mungkin jika manusia itu hidup sendiri dan tidak memerlukan orang lain. Memang kita tidak bisa bergantung pada orang lain tapi kita tidak mungkin hidup tanpa orang lain !!! Bahkan kadang ada seliweran omongan kepada orang yang tidak suka sosialisasi, Apa kamu mau masuk surga sendiri??? ya kan pasti ada begituan

Saya teringat kisah yang pernah saya dengar bahwa salah satu ummat terdahulu dimusnahkan padahal disana ada orang yang taat kepada Allah, maka Allah tetap menghancurkan ummat itu dikarenakan ia tidak mau mencegah terjadinya kemungkaran dan lebih memilih diam dan hanya berdzikir terus. Ini menjadi bukti kalau sosialisasi sama pentingnya dengan dzikir ataupun ibadah lainnya.

Bahkan Rasulullah, orang yang paling taatpun bersosialisasi dengan semua shohabat baik wanita maupun laki-laki. Beliau tidak pernah memalingkan wajah terhadap siapapun dan beliau terkenal murah senyum. Bahkan Allah langsung menegur beliau dalam Al-Qur’an kala beliau memalingkan wajah dari seorang buta yang datang kepadanya karena beliau sedang ada pertemuan dengan para penguasa Quraish. Ini juga menjadi bukti betapa Islam itu dibangun dan disyiarkan dengan prinsip sosial.

Makanya gak usah sok gak butuh orang lain, karena suatu saat, ketika kita terjepit utang, terbelit masalah, dan tertekan jiwa kita akan butuh orang lain. Memang Allah tempat kita mengadu dan meminta, tapi bukankah Allah tidak akan memberi solusi ataupun jalan dengan ujug-ujug atau dengan ilham. Mungkin anda berdalih, masalah saya selalu selesai ketika saya serahkan semua pada Allah. Benar sekali memang, tapi apakah anda juga tidak berfikir atau malas memikirkan, betapa Allah telah banyak memberikan contoh kepada kita kalau kita itu butuh orang lain. Bahkan Rizki Allah-pun tidak serta merta jatuh kepada Anda kan??? Perlu perantara mas, butuh penerus kang gak bisa ujug-ujug seperti itu pak.

Lalu kenapa masih ada orang yang tidak mau atau membatasi sosialisasi dengan banyak dalih ia ungkapkan untuk memaksa orang membenarkan tindakannya, lucu sekali kan. Kalau ada dalil tentang anu dan ini pahami dulu, lihat dulu contohnya (Rasul SAW) baru anda bisa mengatakan ini dan itu. Yang jelas islam mengajarkan kita untuk berbuat baik kepada orang lain, dan tidak mengajarkan membatasi sosialisasi. Karena jika itu diajarkan pada Al-Islam berarti itu melanggar sunatullah yang tersurat dalam Al-Qur’an bahwa kita diciptakan bersuku-suku, berbangsa-bangsa tidak lain untuk saling mengenal. Benar kan???? Afwan atas segala khilaf

Semoga dapat bermanfaat, Allahu’Alam

Agama Kok di OBRAL???

Layanan SMS berlanggan sekarang banyak sekali bermunculan, mulai dari chating, biro jodoh, ramalan dan yang paling mengesankan adalah sms yang berisi hadist atau ayat-ayat Al-Qur’an. Bagaimana tidak, kita gak usah capek-capek membuka Al-Qur’an dan membaca tulisan Arab yang bagi sebagian orang susah. Kita hanya cukup membaca terjemah dari Al-Qur’an tersebut yang sudah ditranslate kedalam bahasa Indonesia. Hebat bukan???

Tapi tunggu dulu jangan berbangga dulu dengan hal itu. Satu hal yang saya tahu dari sms seperti itu adalah tarifnya yang sejagad alias seabrek. Bayangin tarifnya rata-rata mencapai antara 1000 bahkan 2000 rupiah untuk satu ayat atau hadist. Wach……….mahal abis!!! Ini membuat kita berfikir, apa yang sebenarnya penyedia layanan ini inginkan??? Membantu syiar islam ataukah hanya mencari keuntungan???

Mengutip dari Shohabat Umar bahwa kita tidak usah berfikir tentang apa yang ada dalam hati seseorang karena hati itu hanya si fulan dan Allah-lah yang tau. Maka jika saya lihat dari tarif yang sebegitu mahalnya itu menjadi berpotensi menjual agama, ayat-ayat Allah dan hadist Nabi demi keuntungan semata. Ini sungguh mencenangkan, dimana Allah menegaskan untuk tidak menjual agama dan ayat-ayat Allah dengan harga yang murah eh malah dilanggar.

lagi pula bila kita ikut layanan demikian, itu justru malah membuat kita bersikap boros. Bayangin aja sehari kita harus mengeluarkan minimal 2000, belum lagi kalo kita telpon, sms dan sebagainya walaaaaahhhhh bisa nyampe banyak banget dech. Itu jelas membuat pengeluaran kita bertambah, padahal kita tau sekarang lagi “KRISIS GLOBAL” jadi tambah ribetkan ngatur uangnya?

lagian ngapain coba ngikut gituan, sementara yang gratis dirumah, yang tinggal buka, tinggal baca sudah ada. Saya yakin disetiap rumah pasti ada Al-Qur’an kecuali yang tidak punya tentunya. Nach kita baca aja itu, lebih manfaat lagi dan lebih berpahala. Bayangin aja kebaikan dihitung perhuruf arab, ini yang saya tau karena setahu saya tidak ada hadist atau apapun yang menunjukkan kebaikan itu dihitung berdasarkan abjad latin. Bila ktia mau terjemahan dari tiap ayat dalam Al-Qur’an ya tinggal beli aja Qur’an yang ada terjemah langsung…..malah lebih bagus lagi kan, anda membacanya sekaligus mengerti makna (arti) dari yang anda baca.

Jadi gak usah tuch ikutan layanan yang membuat kantong jebol apalagi bermoduskan agama. Ini bisa berpotensi menjual Agama dengan harga murah. Karena anda semua tau kan tarif sms yang sebenarnya itu berapa??? Tapi itu semua kembali kepada anda sendiri saya hanya mengemukan pendapat dengan sedikit memaksakan pemikiran saya.

Maaf kan jika kurang berkenan, Semoga bermanfaat, Allahu’alam